SingkongDay adalah sebuah inovasi yang
telah dijalankan sebagai salah satu wujud nyata untuk mencegah masalah
kerawanan pangan di negeri ini akibat ketergantungan beras masyarakatnya.
SingkongDay adalah hari dimana masyarakat
diajak untuk mengkonsumsi singkong bersama serentak pada tanggal 7 Oktober
setiap tahunnya. Waktu konsumsi singkong pada hari itu tergantung pada
masyarakat, apakah itu diwaktu sarapan, makan siang, makan malam atau saat
santai (ngemil), yang jelas pada hari itu masyarakat mengkonsumsi singkong dan
membagi ceritanya melalui foto, video maupun artikel cerita ke jejaring sosial
SingkongDay.
Singkat cerita, SingkongDay adalah gagasan untuk membuat hari makan singkong nasional di Indonesia sebagai wujud kampanye kreatif yang diusung anak muda yang peduli terhadap kondisi pangan bangsanya. SingkongDay mengkampanyekan konsumsi singkong kepada masyarakat dan menginspirasi anak muda melalui berbagai programnya yaitu E-Share, Roadshow, T-shirt & Merchandise dan Empowering. Program-program tersebut dijalankan dengan jaringan mahasiswa dan pemuda di seluruh Indonesia.
E-Share merupakan program kampanye dengan
menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Blog untuk menyebarkan
informasi terkait SingkongDay. Program Roadshow dilakukan dengan kampanye face to face, yaitu promotor SingkongDay mengunjungi kampus,
sekolah, komunitas, dan instansi untuk mensosialisasikan gerakan SingkongDay.
Program SingkongDay juga menggunakan
T-Shirt & Merchandise sebagai alat kampanye dengan membuat kaos dan
pernak-pernik untuk dijual dan dibagikan ke masyarakat. Sedangkan Empowering
adalah salah satu program SingkongDay dengan melakukan bina desa atau bina
masyarakat dalam upaya mengembangkan upaya produksi dan konsumsi singkong serta
membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan kewirausahaan berbasis
bahan singkong.
Dengan gerakan kampanye kreatif ini secara
konsisten dan berkelanjutan, diharapkan mampu sedikit demi sedikit menjadikan
singkong sebagai tren konsumsi masyarakat Indonesia untuk mewujudkan
diversifikasi pangan dan goal yang diharapkan adalah
menekan ketergantungan dan konsumsi beras(nasi) berlebih di negara ini untuk
masa depan generasi yang lebih baik dan terhindar dari kerawanan pangan. (sumber : http://news.liputan6.com/read/691956/singkongday-kampanye-kreatif-untuk-ketahanan-pangan)
Perayaan SingkongDay di Yogyakarta
Tidak hanya masyarakat Yogyakarta, turis-turis pun ikut kampanye SingkongDay
Tidak ada komentar:
Posting Komentar